Pages

Jumat, 01 Juni 2012

Quantum Learning

Nama Buku : Quantum Learning
Pengarang :Bobbi Deporter & Make Hernacki
Tebal buku :356 halaman
Tahun Terbit : 2011
1.      Belajar kembali tentang cara belajar
Sebuah jalan menuju keberhasilan dalam kurikulum superCamp adalah kombinasi dari beberapa unsur, dikembangkan dari suatu falsafah bahwa belajar dapat dan harus menyenangkan. Supercamp di latih keterampilan akedemis, tantangan akademis, keterampilan dalam hidup Mulai dari lingkungan yang harus memenuhi kriteria positif, aman, mendukung, santai, penjelajahan, menggembirakan.
Aktifitas Fisik adalah mulai dari gerakan, terobosan, perubahan keadaan, permainan-permainan, fisiologi, estafet, partisipasi. Nilai-nilai dan keyakinan sumber-sumber adalah interaksi pengetahuan, pengalaman, hubungan, inspirasi. Metodenya mencontoh, permainan, simulasi, simbol. Belajar untuk mempelajari keterampilan, menghafal, membaca, menulis, mencatat, kreativitas, cara belajar, komunikasi, hubungan.
2.      Kekuatan pikiran anda yang tak terbatas
Dalam penemuan Canfield adalah bahwa setiap anak rata-rata menerima 460 komentar negatif atau kritik dan hanya 75 komentar positif atau yang bersifat mendukung. Otak manusia memlikiki tiga bagian dasar yang disebut three in one, yaitu neokorteks, mamalia (sistem limbik), reptilia. Masing-masing bagian otak anda bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda-beda.
Kecerdasan tertinggi dan bentuk terbaik dari pikiran yang kreatif adalah intuisi. Intuisi adalah kemampuan untuk menerima atau menyadari informasi yang tidak dapat diterima kelima indera kita. Intuisi justru berdasarkan pada pemikiran yang rasional dan tak dapat berfungsi tanpanya.
Banyak kecerdasan yang lebih tinggi atau cara-cara mengetahui yang telah teridenifikasi. Yaitu : linguistik, matematika, visual/spasial, kinestetik/perasa, musikal, interpersonal, intuisi. Fungsi motor sensorik berkembang melalui kontak langsung dengan lingkungan. Sistem emosional-kognitif berkembang melalui bermain, meniru, dan pembacaan cerita. Kecerdasan yang lebih tinggi berkembang secara benar jika dirawat dengan benar dan anak secara emosional sehat. Melalui pengulanagan, sel-sel saraf menjadi terhubung dan tereliminasi untuk memudahkan dalam mengingat informasi. Tanpa pengulangan, meilin akan hilang.
Cara berikir otak kiri bersifat logis,sekuensial,linear, dan rasional oleh karena itu mampu melakukan penafsiran abstrak ddan simbolis. Cara berfikirnya sesuai untuk tugas-tugas teratur ekspresi verbal, menulis, membaca, asosiasi auditorial, menepatkan detail dan fakta, fonetik, serta simbolisme. Sedangkan cara berfikir otak kanan bersifat acak, tidak teratur, instuitif dan holstik. Cara berfikirnya sesuai cara-cara untuk mengetahui yang bersifat nonverba, seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan suatu benda atau orang), kesadaran spesial, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreatifitas dan visualisasi.
3.      Kekuatan AMBAK : Apa Manfaatnya Bagiku?
Ambak adalah motivasi didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan. Menciptakan minat adalah cara yang sangat baik untuk memberikan motivasi pada diri sendiri demi mencapai tujuan sendiri .
Belajar aktif adalah belajar apa saja dari setiap situasi, menggunakan apa yang anda pelajari untuk keuntungan diri sendiri, mengupayakan agar segalanya terlaksana, bersandar pada kehidupan. Sedangkan belajar pasif adalah tidak adanya melihat potensi belajar, mengabaikan kesempatan untuk berkembang dari suatu pengelaman belajar, membiyarkan segalanya terjadi, menrik diri dari kehidupan. Mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan dengan penuh keyakinan dapat melahirkan kekuatan pribadi. Pengetahuan yang lebih luas, piihan yang lebih banyak, kekuatan pribadi.
4.      Menata Pentas  : lingkungan belajar yang tepat
Ciptakan lingkungan yang optimal, baik secara fisik maupun mental. Daftar yang perlu adanya perabotan, pencahayaan, musik, visual, penempatan persediaan temperatur, tanaman, kenyamanan, suasana hati secara umum. Keadaan pikiran yang ideal untuk belajar secara optimal diciptakan ketika anda mau memperluas zona keamanan anda dan mencoba hal-hal baru. Menggunakan musik yang khusus dapat mengerjakan pekerjaan mental yang melelahkan sambil tetap relaks dan berkonsentrasi.
Semakin seseorang berinteraksi dengan lingkungan, semakin mahir mengatasi situasi-situasi yang menantang dan semakin mudah mempelajari informasi baru. Konsilidasi atau waktu untuk berhenti dalam setiap masa belajar yang paling di ingat dengan baik adalah informasi yang anda pelajari pada saat pertama dan terakhir. Jika ingin menerima lebih banyak dari seluruh informasi sebaiknya anda meminta banyak jeda.
5.      Menumpuk sikap juara : Apa yang akan anda lakukan jika anda tahu anda tak mungkin gagal?
Dalam hidup seseorang adalah orang yang ingin menjalani hidup secara utuh. Yaitu keberhasilan, kegembiraan, energi, sinar. Hanya ketika telah belajar segala sesuatu dari setiap kegagalan, akan dapat menuju keberhasilan puncak.
Berbicara kepada diri sendiri : pesikologi yang mementingkan sikap positif keahlihan memerlukan latihan dan pengulangan. Dalam setiap situasi anda memikirkan pemikiran yang positif yaitu yang memberikan semangat, sementara pemikiran negatif dan melemahkan diri sendiri. Jadi, harapan yang terbaik, dan anda akan mendatangkan yang terbaik untuk menjadi kenyataan.terobosan-terobosan terjadi baik dalam tantangan yang bersifat fisik maupun mental. Mengontrol kerangka pikiran dapat dilakukan dengan cara mengkontrol tubuh kita.
6.      Menemukan gaya belajar anda?
Cara belajar anda adalah kombinasi dari bagaimana anda menyerap, lalu mengatur, dan mengelola informasi.modalitas adalah cara termudah anda menyerap informasi. Dominasi otak adalah cara anda mengatur dan mengelola informasi. Cara yang paling disukai misalnya visual dengan mengikuti ilustrasi, membaca intruksi. Auditorial, meminta orang lain mengatakannya pada anda. Kinestetik, mulai mengerjakannya sendiri.
Karkteristik pelajar visual,adalah suka mencorat-coret ketika berbicara ditelefpon, berbicara dengan cepat, suka melihat peta dari pada bertanya. Auditorial, suka berbicara sendiri, suka dengan ceramah dari pada seminar dari pada baca buku, suka berbicara dari pada menulis. Kinestetik, berfikr lebih baik ketika bergerak atau berjalan, banyak menggerakkan anggota tubuh ketika berbicara, sulit untuk duduk diam. Auditirial, kata-kata khasnya “ aku mendengar apa yang kamu katakan..” , kecepatan bicaranya : sedang. Kinestetik, kata-kata khasnya dalam pembicaraan “ saya merasa sepertinya anda..”, kecepatan bicaranya : lebih lambat. Memahami kata-kata khas dan kecepatan bicara akan membantu anda memahami modalitas belajar orang lain. Visual, kata-kata khasnya “ menurut pandangan saya...” kecepatan bicara: cepat.
Pemikiran sekuensial konkret (SK) memperhatikan dan mengingat detail dengan lebih mudah, mengatur tugas dalam proses tahap demi tahap, dan beruaha mencapai kesemurnaan. Iat-kiat jitu bagi pemikir SK: bangunlah kekuatan organisasional, cari tahu detail yang diperlukan, bagi proyek yang dikerjakan menjadi beberapa tahapan, tatalah lingkungan kerja yang tenang.
Pemikir acak kongkret (AK) berpegang pada realitas dan mempunyai sikap ingin mencoba. Kiat-kiat jitu bagi pemikir AK, gunakan kemempuan divergen, sikap diri dalam memecahkan masalah, cermati waktu, terimalah untuk berubah, cari dukungan untuk diri sendiri.
Pikiran abstrak (AA) mengatur informasi melalui refleksi dan berkiprah di dalam lingkungan tidak teratur yang berorientasi pada orang. Kiat-kiat bagi pemikir AA, gunakan kemampuan alamiah untuk bekerja dengan orang lain, emosi yang berpengaruh dalam konsentrasi, bersosialisasi untuk membangun kekuatan belajar, lihatlah gambaran besar, waspada terhadap waktu, gunakan isyarat-isyarat visual.
Pemikiran sekuensial abstarak (SA) berpikir dalam konsep dan menganalisis informasi. Mereka adalah para filosof dan ilmuwa peneliti ternama. Kiat-kiat jitu untuk pemikir SA, latihan logika, suburkan kecerdasan, upayakan keteraturan, analisislah orang-orang yang berhubungan dengan anda.

7.      Teknik mencatat tingkat tinggi
Komunikasi linear mengharuskan pikiran memilah semua informasi yang sifatnya beragam, acak dan rumit. Peta pikiran adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Detail-detail dari suatu peta pikiran mudah diingat karena meraka mengikuti pola pikiran otak. Catatan TS adalah catatan dan penyusunan-catatan. Penilisan catatan adalah mendengarkan apa yang dibicarakan oleh seorang pembicara atau guru seraya menuliskan point-point utamanya. Manfaat dari peta pikiran adalah fleksibel, memusatkan perhatian, meningkatkan pemahaman, menyenangkan. Mafaat catatan : TS, lebih mudah mengingat suatu subjek, memusatkan perasaan (emosi ), merupakan impian yang konstruktif, merekam penilaian-penilaian.
8.      Menulis dengan penuh percaya diri
Menulis adalah aktivitas seluruh otak yang menggunakan belahan otak kanan (emosional) dan belahan otak kiri (logika). Pengelompokan (clustering) adalah suatu cara memilah gagasan-gagasan dan menuangkannya kedalam kertas secepatnya tanpa pertimbangan. Menulis dan membuat kaitan antara gagasan, mengembangkan gagasan-gagasan yang telah dikemukakan, menelusuri jalan pikiran yang ditempuh agar mencapai suatu konsep, bekerja secara alamiah dengan gagasan-gagasan tanpa penyuntingan atau pertimbangan, menvisualkan hal-hal khusus dan mengingatkan kembali dengan mudah.
Mengatasi hambatan-hambatan masalah lembaran kosong, menulis cepat memberikan kemajuan nyata dan langsung. Pilihah suatu topik, gunakan timer, untuk jangka waktu tertentu mulailah menulis secara kontinu, saat penulisan hindari pengumpulan gagasan, pengaturan kalimat, pemeriksaan tata bahasa, pengulangan kembali, mencoret atau menghapus sesuatu, teruskan hingga waktunya habis dan itulah saatnya berhenti. Proses penulisan efektif untuk semua tulisan, yaitu persiapan, Draft-kasar, berbagi, memperbaiki, penyuntingan, penulisan kembali, evaluasi.
9.      Upayakan keajaiban memori anda
Memori kita berhubungan dengan usia dan pengalaman-pengalaman hidup. Ada perbedaan dari memori dan daya ingat yaitu pikiran menyimpan segala sesuatu hanya apa yang diperlukan dan apa yang berarti dalam kehidupan. Dengan menjalani hidup seutuhnya, akan menciptakan hubungan-hubungan memori yang baru dan meningkatkan kemampuan anda untuk mengingat kenyatan-kenyatan, peristiwa-peristiwa, dan informasi-informasi baru. Dengan meningkatkan kemampuan untuk mengingat detail, seseorang mengembangkan kreativitas dan lebih berhasil pada pemecahan masalah. Mengingat dengan sangat baik informasi yang diterima pada awal dan akhir suatu sesi belajar.
Teknik-teknik asosiasi membantu anda untuk mengingat nama-nama ketika diperkenalkan kepada orang baru.  Teknik-teknik menghubungkan membantu kita ketika menghafal daftar-daftar istilah atau pola-pola geografis. Sistem cantol  mencocokkan angka-angka dengan kata-kata berirama atau petunjuk-petunjuk visual. Sangat berhasil jika asosiasonya berwarna-warni, berlebih-lebihan, imajinatif dan absurd. metode lokasi dapat digunakan bersama dengan sistem cantol, menghubungkan kata-kata dengan tempat-tempat. Ankronim dan kalimat-kalimat kreatif digunakan untuk menghafal nama-nama yang berurutan.

10.  Melaju dengan kekuatan membaca
Kegiatan membaca sehari-hari biasanya terdiri dari pengamatan atas kata-kata yang dicetak secara mencolok, pemahaman, pemlihan, dan penyampauan informasi. Dorongan keterampilan membaca anda untuk mengejar kemampuan mental anda dengan cara menyingkkirkan mitos-mitos yang dipercayai mengenai membaca.pandangan mata anda secara alamiah mengikuti gerakan. Gunakan jari untuk menggerakan mata baris demi baris hingga ke bagian bawah halaman. Melihat sekilas bahan bcaan sebelum membaca dan mengingtkan pemahaman dan memperkuat ingatan.
Masing-masing daro keempat
11.  Berpikr logis berpikir kreatif
Orang yang kreatif selalu ingin tahu, suka mencoba, senang bermain, intuitif. Memandang sesuatu dengan cara-cara yang baru. Informasi itu sangat berlimpah dan sangat mudah di peroleh, hingga mengakibatkan laju perubahan dunia yang sangat cepat. Pemecahan masalah adalah kombinasi dari pemikiran logis dan kreatif. Proses kretif mengalir melalui lima tahap, persiapan, inkubasi, iluminasi, verifikasi, aplikasi. Paradigma : serangkaian aturan yang kita gunakan untuk mengevaluasi dan menerapkannya ke dalam hidup kita.


12.  Menjadikan Quantum Learning Melejit
Mengulangi materi akan sangat meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Menyelesaikan proyek-proyek, kelas atau tahapan-tahapan kehidupan merupakan proses yang penting dalam mencapai keberhasilan.

0 komentar:

Posting Komentar