Pages

Kamis, 07 Juni 2012

TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK

 
Proses Belajar Menurut Teori Konstruktivistik.

Proses belajar konstruktivistik adalah pemberian makna oleh siswa kepada pengalamannya melalui proses asimilasi dan akomodasi yang bermuara pada pemutahkiran strktur kognitifnya. Kegiatan belajar lebih dipandang dari segi prosesnya dari pada segi perolehan pengetahuan dari fakta-fakta yang terlepas-lepas. Oleh, sebab itu pengelolaan pembelajaran harus diutamakan pada pengelolaan siswa dalam memproses gagasannya, bukan semata-mata pada pengelolaan siswa da lingkungan belajarnya bahkan pada unjuk kerja atau prestasi belajarnya dikaitkan dngan sistem penghargaan dari luar seperti nilai, ijasah, dan sebagainya.
Peran siswa (si-belajar). siswa harus aktif dalam melakukan kegiatan, aktif berfikir, menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari. Guru harusnya dapat memberikan peluang optimal bagi terjadinya proses belajar. Namun, yang menentukan terwujudnya gejala belajar adalah niat belajar siswa sendiri. Paradigma konstruktivistik memandang siswa sudah memilik kemampuan awal sebelum mempelajari sesuatu. Kemampuan awal tersebut adalah menjadi dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru. Oleh sebab itu meskipun kemampuan awal tersebut masih sangat sederhana atau tidak  sesuai dengan pendepat guru, sebaiknya diterima dan dijadikan dasar pembelajaran dan pembimbingan.
Peran guru. Guru membantu siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Guru dituntut memahami jalan pikiran siswa dalam belajar. Guru tidak dapat mengeklaim bahwa satu-satunya cara yang tepat adalah sama dan sesuai dengan kemauannya.
Sarana Belajar. Segala sesuatu seperti bahan, media, peralatan, lingkungan, dan fasilitas lainnya disediakan untuk membantu pembentukan siswa dalam mengkonstruksikan pengetahuan sendiri. Siswa diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapat dan pemikirannya tentang sesuatu yang dihadapinya. Dengan demikian siswa akan terbiasa dan terlatih untuk berfikir sendiri, memecahkan masalah yang dihadapinya, mandiri, kritis, dan mampu mempertanggung jawabkan pemikkirannya secara rasional
Evaluasi Belajar. Lingkungan belajar sangat mendukung munculnya berbagai pandangan dan interpretasi terhadap realitas, konstruksi pengetahuan, serta aktivitas-aktivitas lain yang didasarkan pada pengelaman. Pandangan konsrktivistik mengemukakan bahwa relitas ada pada pikiran seseoramg. Manusia mengkonstruksi dan menginterprestasikannya berdasarkan pengalamannya.
Teori konstruktovistik mengakui bahwa siswa akan dapat menginterprestasikan informasi kedalam pikirannya, hanya pada konteks pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri, pada kebutuhan, latar belakang dan minatnya.
Bentuk-bentuk evaluasi konstuktivistik dapat diarahkan pada tugas-tugas autentik, mengkonstruksi pengetahuan yang menggambarkan proses berfikir yang lebih tinggi seperti tingkat “penemuan”.

2 komentar:

  1. 1xbet korean review, registration and bonuses
    1xbet korean review, registration and bonuses. ✓1xbet korean casino review ✓1xbet korean 1xbet com bonus code.

    BalasHapus
  2. BetRivers Casino NJ Bonus Code - Get $1000 Match Bonus
    Get your $1000 deposit bonus from BetRivers Casino in NJ. Get 논산 출장안마 a $1000 bonus! Use our links to receive your exclusive 남원 출장샵 welcome 천안 출장샵 bonus! Rating: 3.8 · ‎Review by JTG 안산 출장안마 Hub 이천 출장샵

    BalasHapus